Jumat, 03 April 2015

Gelombang Buku Grafindo

Ini adalah hipotesis saya mengenai jawaban dibuku grafindo kelas 11 mengenai gelombang.
Semoga bermanfaat.

Uji materi 10.1.

1.Sebutkan sifat-sifat umum gelombang

Jawab:
-pemantulan(refleksi)
-pembiasan(refraksi)
-Interferensi gelombang(dua gelombang sefase)
-Lenturan gelombang(Difraksi)
-Perubahan bentuk gelombang(Dispersi gelombang)
-Celah gelombang(Polarisasi)

2.Jelaskan Cara perambatan gelombang pada slinki sehingga gelombang pada slinki dapat digolongkan sebagai gelombang longitudinal ataupun gelombang transversal.

Jawab:
Kita tahu Slinki itu dikatakan sebagai gelombang longitudinal dan transversal ,tapi apakah kita tahu alasannya?
Sebenarnya slinki itu hanya bisa menggunakan 1 gelombang dalam pemakaiannya,tetapi dikatakan sebagai gelombang longitudinal dan transversal itu tergantung dari bagaimana dari pemakainnya.
Seperti halnya pada tali,tali jika kita ikatkan kepintu lalu kita naik turunkan tali maka akan menghasilkan tegak lurus maka dikatakanlah slinki sebagai gelombang Transversal.
beda halnya jika kita paju pundurkan tali,maka secara kasat mata akan menghasilkan rapatan dan renggangan maka dari itulah dikatakan slinki sebagai gelombang Longitudinal.
3.Jika anda melemparkan sebuah batu kesebuah kolam yang airnnya tenang ,pada permukaan air timbul gelombang.Bagaimana perambatan gelombang tersebut?Jelaskan.

Jawab:
Kita tahu gelombang air ini termasuk kedalam gelombang Transversal karena pada umumnya air itu tegak lurus dan mempunyai puncak gelombang dan lembah gelombang.Lalu bagaimana perambatan air?
Bentuk gelombang pada permukaan air itu diawali dengan adanya bulatan kecil dipusat getaran lalu menyebar menjadi lingkaran besar ,dan hal ini sudah dipastikan gelombang merambar melalui air,dimana setiap puncak gelombang air mempunya panjang gelombang yang sama (λ) jadi pasti memiliki fase yang sama pula dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu panjang gelombang tersebut disebut satu Periode(T).

4.Gelombang seismik yang dihasilkan oleh sumber gempa Bumi dapat dideteksi dengan alat seismograf.Sebutkan besaran-besaran apa saja yang akan terdeteksi oleh alat tersebut.Jelaskan pula prinsip kerja alat seismograf.

Jawab:
Nah besaran besarannya adalah:
dengan,:
M=magnitudo
a=amplitudo gerakan tanah(dalam mikrometer)
T=periode gelombang
Δ=Jarak pusat gempa atau episenter
Cs=faktor koreksi yang bergantung pada kondisi lokal
Cr=Faktor kondisi yang bergantung pada kondisi regional

5.Setiap gelombang mekanik didalam perambatannya membutuhkan medium atau zat perantara .Akan tetapi,gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan zat perantara.Dapatkan anda menjelaskan pernyataan tersebut ?Berilah beberapa contoh keseharian yang dapat mendukung pernyataan anda.

Jawab:
Gelombang elktromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat tanpa memerlukan medium dan merupakan gelombang transversal.Gelombang elektromagnetik berasal dari matahari dan angkasa; peralatan elektronik, pemancar radio/TV, satelit, monitor TV, komputer, kilat, bahan radioaktif, alat Rontgen, bara api dan blok mesin yang panas. Secara umum dapat dikatakan gelombang elektromagnetik muncul dari partikel bermuatan yang dipercepat (bergetar, perputar, diperlambat dan dipercepat).Jadi tidak memerlukan perantara karena frekuensi permabatannya lebih besar dari pada kecepatannya.

Untuk lebih lanjutnya akan kita share,tunggu saja .

Salam Pendidikan.
#AS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar